Minggu, 18 Oktober 2009

SALAH SATU PENYEBAB KEMISIKINAN UNSUR HARA


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) jurusanAgroteknologi mengananlisis sehubungan dengan kesuburan tanah pertanaman, telah menyatakan bahwa apa yang tersedai atau diberikan didalam tanah ( yaitu bahan - bahan mineral) tidaklah langsung dapat terhisap akar - akar tanaman, melainkan banyak dari bahan- bahan mineral tersebut akan diikuti secara kimiawi, adsobrtif ataupun biologis, setelah itu barulah bahan - bahan tadi secara berangsur-angsur terlepas dengan ikatannya dalam bentuk yang dapat dihisap oleh akar dan organ lainnya dari tanaman. sebagaian bahan - bahan mineral (termasuk yang baru dilepaskan lagi) ada yang meresap jauh kedalam tanah, dalam keadaan demikian akar - akar tanaman tidak dapat mengambilnya. sebagai kita ketahui tentang banyaknya peresapan ini akan tergantung dari kondisi - kondisi iklim (terutama hujan).
materi diatas dapat kita diskusikan dengan teman sesama fakulta pertanian dalam e-learning.

3 komentar:

  1. faktor yang paling besar dari kurangnya unsur hara yaitu masalah pencemaran. semoga kita mampu mengendalikan dampak pencemaran ini agar bumi kita tetap hijau dan sejuk..........

    BalasHapus
  2. bgus...q setuju sama pendapatmu ini, semoga bumi kita juga terhindar dari global warming...amin

    BalasHapus
  3. kemiskinan unsur hara dalam tanah mempengaruhi pertumbuhan tanamn... Biasanya pertumbuhan ytanaman tersebut tidak optimal..

    BalasHapus